BUPATI BATANG HAPUS INSENTIF BIAYA ISOLASI

Kamis, 14 Januari 2021
14
Card image cap

Batang - Pada pandemi Covid-19 penyebaran melalui kontak dekat banyak seseorang yang terpapar dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19, maka harus dilakukan isolasi mandiri.

Bupati Batang lewat pernyataannya jika seseorang yang melakukan isolasi mandiri di rumah tidak akan mendapatkan insentif dari Pemerintah Kabupaten Batang sebesar Rp1.000.000,00.

“Bahwa keputusan yang saya buat ini lantaran isolasi mandiri di rumah tidak efektif dan banyak pelanggaran,” kata Bupati Batang Wihaji saat ditemui di kafé Catra Desa Pesantren, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Rabu (13/1/2021).

Insentif Rp1.000.000,00 diberikan untuk biaya operasional untuk keluarganya Rp500.000,00 dan sisanya untuk operasional di tempat isolasi.

“Setelah dilakukan pengecekan di lapangan isolasi mandiri tidak efektif masih banyak saja yang bandel keluar rumah dan menerima tamu, karena itu saya pastikan tidak kasih insentif Rp1.000.000,00 bagi yang positif Covid-19,” tegasnya.

Pemkab Batang menyiapkan tempat isolasi di Mes Persibat dan juga pertimbangan jika desa juga memiliki tempat isolasi kalau dikumpulkan di Kabupaten Batang bisa tambah stress, karena tidak bisa ketemu keluarga.

“Operasional tempat isolasi ditanggung oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Batang untuk desa sendiri, jangan mengandalkan dari Pemkab Batang biaya operasional harus ada partisipasi desa dengan melibatkan satgas jogo tonggo Covid-19,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)