SATPAM BERPERAN MEMUTUS PENYEBARAN COVID-19

Jumat, 15 Januari 2021
60
Card image cap

Batang - Untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan sekaligus memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19 secara swakarsa di perusahaan, maka Satuan Pengamanan (Satpam) mengikuti Focus Discussion (FGD) di Rupatama Mapolres Kabupaten Batang, Kamis (14/1/2021).

Dalam arahannya, Kapolres Batang, AKBP Edwin Louis Sengka menyampaikan, anggota Satpam harus memiliki langkah antisipasi yang cepat, sehingga meminimalkan timbulnya klaster-klaster baru di instansi maupun perusahaan yang melaksanakan pelayanan publik.

“Penerapan 3M saat bertugas sangat penting, terlebih Satpam selalu bertemu dengan banyak orang. Sebab jika sampai terjadi penularan oleh klaster baru tentu sangat merugikan semua pihak,” ungkapnya.

Kapolres mengimbau, para Satpam dapat menjalankan tugas dengan profesional, dengan menerapkan protokol kesehatan, mengingat perusahaan maupun instansi pengguna jasa kerap menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

“Satpam juga menyampaikan kepada pekerja di tempatnya bertugas, untuk menyosialisasikan vaksinasi Covid-19 yang akan dilaksanakan bulan Februari mendatang,” harapnya.

Terkait model seragam baru bagi Satpam, AKBP Edwin meminta semua pihak terkait menanti perintah resmi dari Mabes Polri, kapan mulai dipakai.

“Pemulian bagi para Satpam artinya mereka harus makin profesional dalam bertugas, lebih menghargai profesinya. Satpam menjadi garda terdepan, peranny sangat penting sebagai mitra Polri, dalam melayani masyarakat dan menjaga Kamtibmas,” tegasnya.

Sementara itu, Manajer Umum dan SDM RS QIM Sumino mengatakan, kontribusi Satpam justru sangat penting, karena lewat merekalah akan diketahui sejak awal apabila terdapat pekerja atau tamu yang mungkin terindikasi Covid-19, malalui screening.

“Selain memiliki tugas pokok pengamanan, Satpam juga diberi tambahan tugas terkait prokes, mulai dari mengecek suhu tubuh hingga memastikan pengunjung dan karyawan menaati peraturan, sehingga Satpam ikut memutus penyebaran Covid-19,” tegasnya.

Pihak perusahaan pun ternyata baru mengetahui, akan ada seragam dengan motif berbeda dari yang selama ini dikenakan.

“Masalah pakaian kami akan menunggu petunjuk lebih lanjut sebagai dasar untuk perusahaan menentukan seragam,” tandasnya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)